Posted by : Bagas Abdillah Fauzi Rabu, 11 Agustus 2010

Satu bulan lagi Tokyo Game Show akan diadakan di Tokyo - Jepang, disana lah kabar-nya Tetsuya Nomura dan SE akan membeberkan info serta trailer terbaru untuk FF Versus XIII. Jadi saatnya pemanasan untuk melihat info apa saja yang telah kita ketahui sejauh ini. Ok, let's begin.

STAFFS
logo
Berikut adalah daftar para staff SE yang bekerja untuk Versus. Tentunya kalian sudah tahu siapa-siapa saja yang ada di balik layar.

Director, Game Design, Creative Design, Character Design, and Base Story: Tetsuya Nomura
Producers: Shinji Hashimoto, Yoshinori Kitase
Image Artwork: Yoshitaka Amano
Mechanic Concept: Takeyuki Takeya
Clothes Design: Hiromu Takahara
Scenario Writer: Kazushige Nojima
Music: Yoko Shimomura
Main Programmers: Hiroshi Harata, Kentaro Yasui
Planning Directors: Yuichi Kanemori, Takayoishi Nakazato
Planning Director (world): Takeshi Endou
Planning Director (event): Jun Akiyama
Graphic Director (character model): Tomohiro Kayano
Graphic Director (animation): Tatsuya Kandou
Graphic Director (map model): Masahide Tanaka
Graphic Director (visual effects): Shuichi Sato
Graphic Director (system menu): Takeshi Arakawa
Art Director (character): Tomohiro Hasewaga
Art Director (map): Takayuki Ohtachi
Movie Director: Takeshi Nozue

OUTLINE

- FF XIII dan FF Versus XIII adalah dua judul FF yang membahas tema "Fabulla Nova Crystallis".

- FF Versus XIII BUKANLAH sequel dari FF XIII. Tapi merupakan game yang sama sekali baru untuk konsol PS3. Versus mempunyai karakter serta dunia yang sama sekali berbeda dibanding XIII. Jadi, bagi yang masih salah paham dan mengharapkan Lightning muncul disini maka harus secepatnya merubah pemikiran tersebut.

- Versus dalam Bahasa Latin berarti "untuk berbalik" atau "berubah arah" dan dalam Bahasa Inggris berarti "berlawanan". Dua arti tersebut merupakan kata kunci dalam game ini entah itu gameplay maupun cerita.

noct art- Beberapa artwork awal Versus memiliki nuansa serta tema yang gelap, berlawanan dengan artwork FF XIII yang dipenuhi dengan nuansa putih. Ini tentu akan diterjemahkan untuk beberapa hal di dalam gamenya sendiri.

- Versus menawarkan pengalaman yang belum pernah ditemui oleh game FF manapun.

- Versus juga akan menyatukan semua perasaan nostalgia yang dipunyai game FF pendahulunya. Serta mengikatnya kedalam nuansa dengan level yang sama sekali baru untuk franchise FF.

- Versus akan memberikan banyak aksi, namun elemen klasik dari FF tetap tidak dihilangkan. SE akan memanfaatkan keunggulan engine "Crystal Tools" serta teknologi HD yang dipunyai PS3.

- Real Time Graphics akan banyak ditemui pada setiap cut-scenes, namun bukan berarti grafik CGI tidak akan hadir disini walaupun jumlahnya diakui akan sangat sedikit. Team Versus memutuskan untuk membuang CGI yang telah dibuat dan membangun kembali CGI tersebut kedalam Real Time Graphics. Yup, artinya Real Time Graphics Versus memiliki kualitas yang sama atau lebih baik dibanding CGI.

CHARACTERS

Berikut adalah para karakter yang akan mejeng di dalam Versus. Tentunya SE akan memberikan tambahan info lagi kedepannya.
noct
Noctis Lucis Caelum

* Dia adalah tokoh utama, sang pangeran dari keluarga kerajaan, serta calon raja berikutnya. Namanya dalam latin berarti "cahaya dalam langit malam". Hehe, puitis bukan?

* Noctis bukanlah karakter yang "gelap (pemurung)" dan ia bisa tertawa bersama dengan teman2nya untuk hal-hal tertentu. Ia mempunyai raut muka yang 'membingungkan' serta banyak rahasia yang selalu menyeliputinya. Ia juga seorang yang pemalu dan tidak banyak bicara bagi orang yang baru ditemuinya. Namun Noctis merupakan karakter yang cukup percaya diri dan terkadang memperlihatkan hal tersebut secara terang-terangan.

* Noctis juga merupakan karakter yang sangat tenang, namun bisa berubah menjadi malu jika ucapan yang dilontarkannya tidak mewakili perasaan yang sedang ia pikirkan. Bisa dibilang Noctis adalah orang yang moody.

* Ketika memakai kekuatan magic, mata serta rambut Noctis akan berubah warna. Dan warna matanya yang asli adalah biru.

* Noctis bisa memakai banyak senjata dikarenakan kemampuan magic yang diterima sebagai "Protector" dari sebuah kristal.

* Salah satu perhiasan Noctis adalah cincin yang dipakai di tangan kanan-nya. Dan cincin tersebut memegang peranan penting dalam cerita Versus.

* Noctis juga memiliki kemampuan untuk melihat 'cahaya' dari orang yang sudah mati. Namun ketika ditanya Noctis tidak mau membicarakannya dikarenakan ia memiliki kenangan buruk mengenai itu.
stella
Stella Nox Fleuret

* Stella adalah gadis muda dari keluarga Fleuret yang berada di Kerajaan Tenebrae. Nama depannya yaitu Stella Nox dalam Bahasa Latin berarti "bintang malam". Dan Fleuret dalam Bahasa Perancis berarti "rapier", yang merupakan senjata utama Stella.

* Stella mempunyai gaya berbicara yang sangat sopan dan halus, namun sering to the point sehingga ia tidak takut mendapatkan respon yang kasar dari lawan bicaranya. Ia juga tidak menanggapi sesuatu dengan sangat serius, namun ia juga mau belajar bahwa segala sesuatu tidak akan selalu sesuai dengan harapan kita.

* Stella juga mempunyai kemampuan melihat "cahaya" yang sama seperti Noctis, dan membicarakannya secara terbuka. Ia sangat penasaran akan kemampuannya tersebut dan ingin tahu apa rahasia dibalik itu.

* Di suatu trailer diperlihatkan Stella berubah menjadi lawan Noctis dan teman-temannya, tanpa alasan yang jelas...
gang
Noctis' Companions

Tiga 'bodyguard' Noctis. Sejauh ini belum diketahui nama serta background mereka. Namun diyakini kalau mereka akan terus berada di samping Noctis dalam situasi apapun.

World

- Dunia tempat Noctis berada adalah dunia dengan kultur yang berbeda-beda. Dunia tersebut mempunyai teknologi yang tinggi serta diberkahi oleh sebuah kristal. Daerah di sekitar kerajaan Noctis biasa disebut "Outside World" atau "Outer World".

- Dengan kehancuran kristal yang dipunyai "Outer World", beberapa daerah terlihat seperti reruntuhan. Walaupun beberapa masih ada yang belum hancur dan memiliki teknologi tinggi dan tidak 'diberkahi' oleh kristal. Kerajaan Noctis memiliki teknologi yang tinggi namun masih menganut adat seperti jaman pertengahan, khususnya mengenai masalah kerajaan. Tentunya magic akan mempunyai peran penting dalam Versus.

- Kerajaan Noctis diharuskan melindungi kristal yang mereka punyai, dan dalam Versus adalah giliran Noctis yang menjaga nya. Pasukan dari "Outside World" memutuskan untuk meng-invasi kerajaan Noctis dan ingin mengambil alih satu-satu nya kristal yang mereka punyai.

- Beberapa kota-kota besar di dunia seperti Venice dan Tokyo diakui memberikan inspirasi bagi team Versus dalam membuat beberapa daerah yang ada.

- Dewi Kematian (shinigami) atau Etro adalah dewi yang dipuja dalam Versus. Etro juga merupakan Fal'Cie.

STORY
noct-stella
Pertemuan pertama Noctis dengan Stella

- Dengan karakter yang dibuat sehidup mungkin dan tema cerita yang menyakitkan, team Versus ingin memperlihatkan suatu "ikatan" yang berhubungan dengan karakter-karakter tersebut.

- Tema cerita yang gelap dan sedih sehingga menunjukkan betapa beratnya beban yang ditanggung para karakter itu, betapa menyakitkannya jalan yang akan mereka tempuh, dan betapa pentingnya kebahagiaan dalam dunia yang dipenuhi amarah dan keputus-asaan.

- Beberapa daerah di awal game diinspirasi oleh film-film barat bertema aksi.

- Hiromu Takahara, desainer baju para karakter Versus akan menunjukkan kesan jet-black yang sesuai dengan tema Versus.

- Pada suatu trailer ditunjukkan Noctis yang menghadiri perayaan "Kesepakatan dalam memakai kristal untuk kedamaian" bertemu dengan Stella untuk pertama kali. Dimana mereka membicarakan lukisan dewi kematian, Etro. Rumornya Etro adalah dewi yang memberikan Noctis dan Stella kemampuan untuk melihat "cahaya" dari orang yang sudah mati. Namun Noctis berpendapat kalau mereka juga sebentar lagi akan mati karena efek dari kemampuan tersebut...

GAME SYSTEM

sword- Player akan menemui World Map yang besar dan bebas dieksplorasi sejauh mata memandang, terkecuali gunung yang ada.

- Player bisa memakai kendaraan seperti mobil untuk lebih cepat dalam bereksplorasi karena jarak beberapa tempat sangat jauh.

- Airship akan kembali hadir seperti seri FF klasik.

- Lingkungan akan lebih beragam dan hidup jika dibandingkan FF XIII.

- Versus akan memiliki pergantian siang dan malam secara real-time. Serta awan yang bergerak dibuat dengan perhitungan physic, sehingga pergantian hari terjadi dengan lebih mulus.

- Loading akan sangat sedikit. Player hanya akan menemui loading diantara pergantian area yang sangat-sangat besar saja. Selain itu dijamin tidak akan ada loading.

- Para monster berkeliaran di field-map dan terkadang ada beberapa yang sangat kuat akan tiba-tiba menyerang player. Monster-monster ini juga akan hadir dengan banyak variasi.

BATTLE SYSTEM

rapier- Versus akan memiliki battle system yang sangat berbeda dibanding FF XIII. Namun Versus akan memberikan perasaan nostalgia akan battle system FF klasik yang dicampur dengan system baru.

- Elemen 3rd person shooter akan dicoba dimasukkan disini, seperti dalam game Kingdom Hearts.

- Seamless battle.

- Battle akan mengambil tempat secara real-time, bisa dibilang seluruh field seperti gedung yang tinggi dan jalan adalah tempat battle.

- Noctis bisa memakai 2 senjata atau lebih, tergantung bagaimana nanti player menginginkannya.

- Setiap senjata mempunyai serangan special nya sendiri, dan senjata tersebut juga bisa dipakai sebagai perisai.

- Senjata bisa di-upgrade.

- Noctis juga mempunyai kemampuan teleport seperti yang ditunjukkan pada trailer.

- Teman-teman Noctis juga tentunya mempunyai senjata dan serangan special nya sendiri.

INTERVIEW

Ini adalah beberapa interview yang dilakukan oleh Shinji Hashimoto dengan Tetsuya Nomura, dengan Bahasa Inggris tentunya.

Mr. Hashimoto Interviews Tetsuya Nomura (Twitter)

“Mr. Nomura: (On Versus XIII completion rate): It’s already possible to fly with an Airship on the World Map but the progress level of each setting is different and some parts still don’t tie together.”
friends
Interview with Tetsuya Nomura on the TGS 2009 Handcam Showing for Versus XIII (Famitsu.com)

“We prepared this off-camera footage from the game to easy people down and show them the game is still in development, this footage was from a technological verification we often do”

“Noctis riding a motorcycle? – Hahaha, Maybe.”

“Development accelerated quite a lot since last spring and we have good prospects for it and it’ll accelerate even more when FFXIII is completely finished.”

Interview with Producer Mr. Shinji Hashimoto on “FFXIII” (Famitsu)

“Versus XIII on Xbox 360? There are no plans for that at all. There is no change about this game situation and It’ll release on the market exclusively on the PS3 system.”

“Mr. Nomura likes to focus on only one platform when developing a game.”

DEVELOPER COMMENTS

Beberapa komentar dari staff Versus yang lain:

“Don’t be fooled by the dark mood the trailer leads you to, what you’ve seen is merely a representation of what’s to come but I can disclose that the character (Noctis) is not solitary or dark even though the burden he carries is very heavy” – Tetsuya Nomura on Versus XIII main character, Noctis Lucis Caelum.

“I would say misery and worry play a huge part in the story and when the plot was being first considered I spoke with Mr. Kitase and we decided to take an even more “sad’ direction for the story” – Tetsuya Nomura on Versus XIII Story
couple
“People will cry because of the story, they will get involved into it and will be crying for a whole week and on!”- Yoshinori Kitase giving his view on Versus XIII story

“It’ll be that awful?? We’ll balance it very well because playing and seeing those unpleasant sad scenes for hours could become a problem for avid players so we’ll work on that” – Tetsuya Nomura responding to Kitase’s comments.

“KH team is involved with the gameplay system and they already have the knowhow from other titles. Of course it’s not a Kingdom Hearts-like system because it’s a “FF” title and we have previous “FF” staff with us, so it’ll be a balanced mix of those two with lots of action. Imagine it for yourselves because I can’t say anything!” – Tetsuya Nomura on Versus XIII gameplay and battle system.
blonde guy
“Latin is a very mysterious language that no one uses on a daily basis anymore. Doesn’t matter what kind of word we use in Latin, people all around the world won’t be able to understand and yet appreciate it. That’s what we wanted, a sense of equality between the everybody” – Tetsuya Nomura explaining why they’re using Latin in the game.

“It’s title means “Sleep” and the tune is about it and alot of real situations we see everyday. – Tetsuya Nomura on Somnus”

“Somnus, the song is represented by the “shut-eye” in the game’s logo, as for more details you’ll have to wait because Producer Hashimoto does not allow me to talk further” – Tesuya Nomura hinting at the game’s plot.

“Artwork and pre-production are all done by now. And I want to make a “FF” title that has not been seen before, so we’ll experiment a bit before we show some more things” – Tetsuya Nomura on the game’s development (2006)

“We’ll have a level and upgrade system to be operated, it doesn’t mean that because in the trailers he has all those weapons the player will too when they actually start the game. – Tetsuya Nomura on the gameplay system.

“Well, if the player isn’t able to level up by his own work and fighting it’s not an RPG, right?” – Tetsuya Nomura on gameplay features.
action
“Swords will gather and appear depending on the player’s will to go after them. That trailer image is nothing but a representation. And we decided as a development option to make him that strong for the trailer. But don’t worry, Noctis can be as strong as you seen in the trailers if you have the will to do it” – Tetsuya Nomura on the character development

“The Crystal is enshrined inside the pillar behind Noctis throne we’ve showed a little in previous trailers. But, no one knows the content inside this pillar because they don’t see it” – Tetsuya Nomura on the so talked Crystal

“Yes, it’s one of the most central points in the game” – Tetsuya Nomura on the Crystals role for the story.

“Myth VERSUS Real” – Kazushige Nojima explaining Versus XIII in one phrase.

OTHER INFOS
etro
Etro, sang dewi kematian yang digambar oleh Yoshitaka Amano

- Versus akan menampilkan icon muka para karakter nya, mirip seperti Kingdom Hearts.
- Summon masih tetap ada dan dipakai setelah mengalahkan mereka, mirip seperti FF XIII.
- Goresan Yoshitaka Amano akan hadir melalu lukisan dewi kematian "Etro". Bisa dilihat pada screenshot diatas.

Well, that's it folks. Itulah info mengenai Versus yang sejauh ini telah diberikan oleh SE. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian mengenai Versus. Tunggu update-update selanjutnya, only on FFC.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © 2013 Kingdom of Fantasy -Black Rock Shooter Template- Powered by Blogger - Designed by Bagas Abdillah Fauzi