Posted by : Bagas Abdillah Fauzi Rabu, 11 Agustus 2010


Yang ini caption'an sendiri



Developer / Publisher: Square-Enix
Platform: Playstation 3
Genre: Action RPG
Game Desainer: Tetsuya Nomura, Takeshi Nozue, Shinji Hashimoto
Char Desainer: Tetsuya Nomura
Logo Desainer: Yoshitaka Amano
Music Composer: Yoko Shimomura
Media: Blu-Ray Disc
Rilis Date: TBA 2010

THE BEGINNING

Game kedua pada proyek Fabula Nova Crystallis. Pengembangan FF versus XIII dimulai sejak tahun 2003. Tadinya FF versus XIII ditujukan untuk konsol Playstaion 2 (PS2), namun menurutTetsuya Nomura sebagai game creator, PS2 tidak mempunyai kekuatan hardware yang cukup untuk mem-visualisasikan Versus, sama dengan kasus yang dialami FF XIII pada awal pengembangannya juga. Sehingga Nomura harus membuat proyek ini dari awal lagi ketika PS3 diumumkan oleh Sony tahun 2005.
Menurut Nomura, Versus akan dibuat berlawanan arah dengan FF sebelumnya. Seperti arti Versus sendiri yang berasal dari bahasa latin dan mempunyai arti “perubahan”, Versus akan diberikan nuansa yang gelap, dewasa, dan juga merupakan FF pertama yang menampilkan kekerasan dengan banyak cipratan darah. Sehingga wajar saja, ESRB (sistem rating di amerika) langsung memberikan rating “M” yang berarti Mature atau dewasa untuk Versus. Dan Versus pun menjadi FF pertama yang mendapatkan rating dewasa untuk pertama kalinya dalam sejarah FF. Walaupun Versus nantinya akan sangat berbeda dibandingkan FF-FF sebelumnya, Versus tetap akan memasukkan elemen-elemen tradisional yang selalu ada pada seri FF.
Sejak FF XIII diumumkan menjadi multi-platform pada tahun 2008, tim Versus ditarik sementara untuk membantu tim yang mengerjakan FF XIII. Namun SE cepat-cepat meralat bahwa tim Versus tetap mengerjakan Versus dan dalam jalur yang benar untuk menyelesaikannya dengan tepat waktu.
Sampai saat ini, FF versus XIII masih diberitakan dibuat eksklusif pada konsol PS3. Kenapa tidak menyusul FF XIII yang ikut dibuat pada Xbox 360? menurut Nomura, dengan fokus pada satu konsol saja akan membuat pekerjaannya lebih mudah dan bisa menuangkan ide yang lebih banyak dibandingkan membuat game tersebut pada 2 konsol sekaligus yang berbeda kemampuan. Pernyataan Nomura tersebut setidaknya membuat tenang sementara para fans FF pada konsol PS yang sangat menantikan FF versus XIII ini dan sudah terlanjur kecewa karena keputusan SE membuat FF XIII menjadi multi-platform.

GAMEPLAY

Tidak seperti saudaranya (FF XIII), Versus sampai saat ini belum diberikan info yang pasti mengenai gameplaynya. Namun menurut Nomura, Versus akan mempunyai gameplay action-RPG seperti Kingdom Hearts, game buatan Nomura sebelumnya yang sangat sukses. Dan untuk lebih menambahkan elemen aksi, nantinya akan ditambahkan elemen shooter seperti FF VII Dirge of Cerberus, namun tentunya dengan eksekusi yang lebih baik. Tujuan Nomura adalah mencapai tingkat aksi yang sama persis dengan aksi yang ada pada movie Advent Children. Lalu mengenai world map, sepertinya Versus akan mengambil pendekatan yang sama dengan FF XIII. Urusan transportasi, dalam beberapa screenshot diperlihatkan karakter utama Versus sedang menaiki mobil sedan hitam yang desainnya tidak jauh berbeda dengan desain pada dunia nyata. Mengenai info lain seperti summon, mini game, dll masih belum diberikan oleh SE.

THE STORY

Versus akan mengambil setting dunia yang tidak jauh berbeda dengan dunia nyata. Gedung-gedung pencakar langit, mobil-mobil pada jalan raya, pejalan kaki, dll. Nomura mengambil salah satu karya terbaik Shakesphere yaitu Hamlet sebagai tema utama dalam Versus. Cerita berpusat pada salah satu kerajaan yang tidak bernama dan pangerannya yang bernama Noctis Lucis Caelum sebagai pewarisnya. Kerajaan Noctis adalah negara yang mempunyai kristal terakhir dan menyimpan sesuatu kekuatan mistis, sehingga menjadi target perebutan oleh banyak negara lain. Akibat hal tersebut, kerajaan Noctis mengisolasi diri mereka dari dunia dan tidak membuka hubungan dengan negara manapun…

CHARACTERS

  • Noctis Lucis Caelum
    Dia adalah tokoh utama Versus. Noctis berasal dari bahasa latin yang berarti Light of the Night Sky" atau “cahaya dari langit malam”, sedangkan Noct adalah nama panggilan dari Noctis. Noctis adalah keturunan terakhir dari kerajaan yang menjadi penjaga kristal, dan dia tidak segan-segan menggunakan kekerasan untuk mengusir penyusup yang memasuki kerajaannya untuk mencuri kristal. Pada suatu trailer diperlihatkan kalau Noctis bisa memakai bermacam-macam senjata dari pedang sampai tombak dengan jumlah yang banyak sekaligus. Kemampuan ini tentunya disebabkan oleh kekuatan kristal juga. Ketika Noctis sedang menggunakan kemampuannya, warna mata dan rambutnya akan berubah. Nomura juga memberitahukan kalau kepribadian Noctis akan sangat berbeda dengan tokoh-tokoh utama FF sebelumnya. Dalam suatu trailer, diperlihatkan Noctis yang sedang bercakap-cakap dengan seorang wanita ternyata memiliki sifat pemalu dan sangat berusaha menutupinya.
  • Stella Nox Fleuret
    SE dan Famitsu telah mengkonfirmasi kalau Stella adalah musuh Noctis, walaupun mereka berdua sebenarnya tidak ingin bermusuhan satu sama lain. Stella adalah gadis yang sangat sosial dan tidak segan untuk membicarakan apapun dengan lawan bicaranya. Bahkan dalam suatu trailer, Stella dengan sengaja memberitahukan informasi rahasia mengenai kemampuannya kepada Noctis. Dalam pertemuan pertamanya dengan Noctis, Stella mengundangnya untuk berkunjung ke negaranya, yaitu Tenebrea. Stella memakai Rapier sebagai senjata utamanya, dan Stella juga menguasai beberapa magic. Arti nama dari Stella sendiri adalah “Star” atau bintang, Stella Nox adalah 2 kata dalam bahasa latin yang kurang lebih berarti “Star of Darkness” atau “bintang dalam kegelapan”, dan Fleuret merupakan kata dari bahasa perancis yang tertuju pada logam anggar.
Selain 2 tokoh utama diatas, SE juga menunjukkan 3 karakter yang membantu Noctis namun belum memberikan info yang detail mengenai mereka.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Copyright © 2013 Kingdom of Fantasy -Black Rock Shooter Template- Powered by Blogger - Designed by Bagas Abdillah Fauzi